Laboratorium Biologi
Laboratorium Biologi
Dalam rangka menunjang efektifitas proses pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri 2 Semarapura, maka perlu didukung adanya sarana dan prasarana yang memadai, termasuk sumber belajar yang relevan. Sumber belajar bukan hanya berupa buku teks, tetapi bisa berupa lingkungan, perpustakaan, laboratorium, bahkan saat ini dengan berkembangnya iptek, sumber belajar semakin berkembang juga, salah satunya media internet. Dari berbagai sumber belajar yang ada, Laboratorium merupakan salah satu sumber belajar yang sangat penting bagi siswa. Melalui kegiatan laboratorium atau kegiatan praktikum, siswa akan dapat melihat secara nyata gejala atau peristiwa yang dialami zat dalam suatu perubahan tertentu. Melalui kegiatan laboratorium akan memberikan pengalaman belajar bagi siswa dalam melatih berbagai keterampilan. Menurut British Audio Visual Assosiation (1985), menyatakan bahwa, 75% pengetahuan diperoleh melalui indera penglihatan, 13% melalui indera pendengaran, 6% melalui indera sentuhan dan perabaan dan 6% melalui indera penciuman dan lidah.
Berdasarkan uraian di atas, maka dalam proses pembelajaran, hendaknya seorang guru dapat memilih dan menggunakan sumber belajar yang tepat dan efektif sesuai dengan karakteristik dan potensi yang dimiliki peserta didik. Sumber belajar yang tepat akan memberikan peluang kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga tercapai tujuan pendidikan. Sumber belajar dapat berfungsi
1. Menimbulkan kegairahan belajar
2. Memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungan
3. Memberikan kesempatan peserta didik untuk mencari pengalaman
4. Memungkinkan peserta didik untuk belajar mandiri sesuai tingkat kemampuan dan potensi yang dimilikinya.
5. Menghilangkan kekacauan penafsiran. Peserta didik yang dihadapkan pada sumber belajar secara langsung akan dapat mengetahui sendiri tentang hakekat atau pengertian tertentu.
Mengingat pentingnya sumber belajar, maka dalam pemanfaatannya perlu diprogramkan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh setiap sekolah. Laboratorium Biologi juga membuat program sebagai acuan dalam pengelolaan dan pelayanan kepada guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
TUJUAN
Tujuan yang dicapai dengan penyusunan program Laboratorium Biologi ini adalah:
1. Memberikan pedoman atau acuan dalam memberikan pelayanan kepada guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
2. Para siswa dapat memanfaatkan Laboratorium Biologi sesuai dengan keperluan berdasarkan aturan yang berlaku.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa belajar mandiri dalam proses penemuan konsep alam.
4. Menyediakan sarana dan sumber belajar bagi siswa dalam meningkatkan motivasi dan inovasi dalam belajar.
5. Melatih siswa dalam bersikap ilmiah, kritis dan inovatif
6. Meningkatkan disiplin siswa
WAKTU PERAWATAN ALAT DAN BAHAN KIMIA
Perawatan dan penataan alat dan bahan kimia dilakukan setiap saat, sesuai dengan keadaan
PENUTUP
Mudah-mudahan Penyusunan program ini dapat memberikan pelayanan yang baik kepada siswa dan guru mata pelajaran Biologi dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Semarapura